Refreshing Mental dan Spiritual Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 2 UM tahun 2022

Guru profesional membutuhkan landasan nilai agama yang kuat dan karakter yang luhur, sehingga dengan dasar itu Prodi Pendidikan Profesi Guru (PPG) menyelenggarakan Refreshing Mental dan Spiritual pada tanggal 13 Oktober 2023. Untuk mahasiswa Muslim, kegiatan dilaksanakan di Masjid Al-Hikmah UM, dan bagi mahasiswa non Muslim bertempat di Gedung Sekolah Pascasarjana.

Kegiatan ini dibuka oleh Direktur Sekolah Pascasarjana UM Prof Dr. Adi Atmoko, M.Si., M.Pd, yang menyampaikan peran penting calon guru profesional dalam mendidik siswa dengan nilai-nilai moral dan agama.

Sebanyak tiga narasumber dihadirkan, yaitu Prof. Dr. Maskuri, M.Si. (Rektor Universitas Islam Malang) sebagai narasumber mahasiswa Muslim; Irene Maya Simon, S.Pd, M.Pd (dosen Departemen Bimbingan Konseling UM) sebagai narasumber mahasiswa Kristen; Drs. Nemesius Bambang Revantoro, M.T (dosen Departemen Teknik Sipil dan Perencanaan UM) sebagai narasumber mahasiswa Katolik, dan I Made Wirawan, S.T., M.T. (dosen Departemen Teknik Elektro dan Informatika UM) sebagai narasumber mahasiswa Hindu.

Prof. Dr. Maskuri, M.Si. dalam paparannya menekankan pentingnya kompetensi leadership sebagai kompetensi dasar bagi calon guru profesional selain empat kompetensi utama guru. Menurut beliau, lompetensi leadeship bagi calon guru profesional berasal dari kemauan kuat untuk berubah ke arah positif meliputi perubahan mindset, legacy, berorientasi kebaharuan dan sustainable, serta melakukan kerja keras, tuntas, dan Ikhlas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *