Penerapan Outdoor Learning di Eco Green Park bagi Mahasiswa PPG Prajabatan UM

Batik dari Bali kita jualan
Ditukar sama koin dan kulit buaya dari Panarukan
Horee hari ini kita jalan-jalan
Agar dapat wawasan sains, budaya dan kewirausahaan

Sebanyak 775 mahasiswa program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Gelombang 2 Tahun 2022 mengikuti kegiatan Wawasan Sains, Budaya, dan Kewirausahaan (WSBK) di Eco Green Park pada Senin, 16 Oktober 2023. Eco Green Park dikenal sebagai pusat edukasi alam yang menakjubkan. Disini mahasiswa PPG Prajabatan UM merasakan rangkaian pengalaman belajar di luar kelas yang berbeda dari biasanya dan salah satu bentuk kreativitas dan inovasi metode pembelajaran.

Ketua Program Studi PPG UM Dr. Muhammad Alfan, S.Pd., M.Pd. memaparkan tujuan utama WSBK bagi mahasiswa PPG Prajabatan UM, yaitu memberikan mahasiswa pengalaman belajar sains, budaya, dan kewirausahaan dengan metode rekreasi/darmawisata/study tour agar pengalaman dan pengetahuan yang mereka dapatkan tersimpan dan terkenang dalam memori dan mudah diingat ketika dibutuhkan kembali untuk memecahkan masalah-masalah pembelajaran. Ditambahkan, pembelajaran tidak harus di ruang-ruang kelas tetapi perlu kreativitas dan inovasi pada metodenya. Mahasiswa diharapkan mampu mengamati, menanyakan, mengasosiasi, mengkomunikasikan, dan menyimpulkan semua wawasan dan pengetahuan yang diterima pada kegiatan ini.

Dijelaskan oleh Ketua Pelaksana Andika Bagus Nur Rahma Putra, S.Pd, M.Pd., pada aspek pembelajaran sains, mahasiswa merndapat materi biogas, kompos, pengolahan limbah cair, science center, dan pembangkit listrik tenaga mikrohidro. Dalam aspek budaya, mahasiswa dibekali dengan wawasan daur ulang batik. Sementara pada aspek kewirausahaan mahasiswa mendapat edukasi budidaya jamur lengkap dengan proses pengolahan yang tepat guna menghasilkan produk bernilai jual tinggi.
Kegiatan WSBK diharapkan dapat menjadi langkah awal bagi mahasiswa PPG Prajabatan UM dalam mengembangkan diri dan menjadi guru profesional yang berarti bagi masyarakat dan bangsa di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *