The 2nd ICITEP 2023 di Prodi PPG Universitas Negeri Malang

Untuk kedua kalinya, Prodi PPG UM mengadakan International Conference on Innovation and Teacher Profesionalism (ICITEP). The 2nd ICITEP 2023 diselenggarakan tanggal 10 dan 11 Oktober 2023 secara hybrid: secara luring di Gedung A21 SPs UM dan secara daring menggunakan aplikasi Zoom. ICITEP mengambil tema “Enhancing Teachers Professional Development Through Educational Technology”, yang sesuai dengan profil lulusan Universitas Negeri Malang, yaitu lulusan yang mampu mendayagunakan teknologi secara kreatif dan adaptif dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Terdapat enam keynote speakers: Prof. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd. (Direktur Jenderal GTK Kemendikbud yang diwakili oleh Direktur Guru Dikdas Ditjen GTK Dr. Rachmadi Widdiharto, M.A), Adhika Ganendra, S.Si, M.M (plt Direktur PPG Ditjen GTK), Prof. Michele Simons (Western Sydney University, Australia), Prof. Martin Ebner (Graz University of Technology, Austria), Prof. Madya Ts. Dr. Tee Tze Kiong (Universiti Tun Hussein Onn Malaysia), dan Prof. Herawati Susilo, M.Sc., Ph.D. (Universitas Negeri Malang).

Memberikan sambutan dalam pembukaan adalah Direktur SPs UM Bapak Prof. Dr. Adi Atmoko, M.Si., M.Pd. yang didampingi oleh Wakil Direktur SPs UM Bapak Prof. Dr. Adi Atmoko, M.Si., M.Pd. serta Kaprodi PPG UM Bapak Dr. Muhammad Alfan,S.Pd, M.Pd. Direktur SPs UM menyampaikan bahwa ICITEP 2023 ini diikuti lebih dari 2000 peserta yang didominasi oleh para mahasiswa PPG dan diikuti oleh lebih dari 98 penyaji makalah. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Negeri Malang, Bapak Prof. Dr. Hariyono, M.Pd. Rektor menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya atas antusias para peserta serta para panitia penyelenggara.

Pada kesempatan lain, Kaprodi PPG UM, Dr. Muhammad Alfan, S.Pd, M.Pd menuturkan bahwa International Conference ini merupakan salah satu upaya mendukung pencapaian profil lulusan PPG yaitu mencetak guru yang menjadi insan pembelajar sepanjang hayat. Mahasiswa dan alumni PPG diharapkan ikut berpartisipasi baik sebagai peserta maupun presenter sehingga tetap terus berkarya dan berinovasi tanpa henti melalui update wawasan dari para nara sumber dan menyajikan paper terbaik mereka.

Sedangkan menurut Andika Bagus N.R.P., M.Pd., selaku ketua pelaksana kegiatan ICITEP 2023, melalui International Conference ini para insan akademik, baik guru, dosen, mahasiswa, peneliti, maupun pecinta pendidikan dapat melakukan sharing pengetahuan dan penelitian terkait pendidikan profesi guru dan profesionalisme guru sehingga terjadilah tukar pendapat untuk saling melengkapi ide dan gagasannya.
Secara keseluruhan, international Conference ini juga membuka kesempatan bagi para ilmuwan di bidang pendidikan profesi guru untuk berkolaborasi dalam melakukan pembelajaran, penelitian, pengabdian, dan kegiatan-kegiatan seminar, workshop, lokakarya, konsorsium, simposium, dan lain sebagainya sehingga mereka memiliki jaringan yang luas dalam rangka pengembangan pendidikan profesi guru di era society 5.0.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *