Orientasi akademik mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 2 tahun 2023

Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Malang (UM) menyambut mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Prajabatan (PPG Prajabatan) Angkatan 2 pada Sabtu, 9 Desember 2023 di Graha Cakrawala. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Rektor UM Prof. Dr. Hariyono, M.Pd., Wakil Direktur Sekolah Pascasarjana Prof. Dr. Yusuf Hanafi, S.Ag., M.Fil.I., Ketua Program Studi PPG UM Dr. Muhammad Alfan, S.Pd., M.Pd, beserta segenap Tim Pengembang PPG UM.

Wakil Direktur Sekolah Pascasarjana UM, Prof. Dr. Yusuf Hanafi, S.Ag., M.Fil.I. mengapresiasi mahasiswa PPG Prajabatan Angkatan II UM. “Terima kasih telah memilih profesi guru, profesi yang sangat mulia dan tidak akan tergantikan meski dengan Artificial Intelligence (AI) sekalipun,” ungkapnya.

Ketua Program Studi PPG UM, Dr. Muhammad Alfan, S.Pd., M.Pd. menyampaikan bahwa Prodi PPG UM mendapat 703 mahasiswa PPG Prajabatan Angkatan II dari Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemdikbudristek. Beliau juga menyebutkan keunggulan PPG UM yaitu adanya mata kuliah Etika dan Profesionalisme Guru yang telah diakui secara nasional.

Rektor UM Prof. Dr. Hariyono menyambut hangat dengan penuh kebanggaan kehadiran para mahasiswa PPG Prajabatan UM Angkatan 2. Rektor mengucapkan “Selamat datang di Universitas Negeri Malang, tempat yang tepat untuk memperluas cakrawala pengetahuan serta menjadi wadah pembentukan guru-guru unggul yang siap menghadapi dinamika dunia pendidikan masa depan”. Pada akhir sambutannya, Rektor menekankan pentingnya aktualisasi nyata peran pendidik yang telah diemban untuk berkontribusi dalam memajukan pendidikan Indonesia. Menurutnya, ketika mahasiswa telah mendapat sertifikat pendidik, diharapkan lulusan PPG UM dapat mengaktualisasikan informasi yang telah didapat menjadi menjadi pengetahuan serta dari pengetahuan menjadi suatu tindakan nyata.

Orientasi ini menjadi momentum bagi mahasiswa PPG Prajabatan untuk mengenal lingkungan kampus, sistem akademik, dan membangun jaringan sosial. Dengan semangat kebersamaan dan tekad untuk mencapai kesuksesan, mahasiswa baru PPG Prajabatan UM diharapkan dapat menorehkan prestasi gemilang dalam dunia pendidikan dan membawa nama baik almamater ketika telah bertugas di daerah masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *