Yudisium Kelulusan PPG Dalam Jabatan Kemendikbudristek untuk lulusan UKMPPG periode 2 tahun 2023

Sebanyak 1649 mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Dalam (PPG) Jabatan serta 3 mahasiswa PPG Prajabatan Mandiri tahun 2021 dari berbagai disiplin ilmu menerima gelar guru profesional setelah melakukan yudisium dari Universitas Negeri Malang (UM). Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Sekolah Pascasarjana UM pada Rabu, 20 Desember 2023.

Acara ini dihadiri oleh para pejabat tinggi Kemendikbudristek yaitu Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Prof. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd., Sekretaris Dirjen GTK Temu Ismail, S.Pd., M.Si., dan Plt. Direktur Pendidikan Profesi Guru Adhika Ganendra, S.Si., M.M. Dari UM, hadir Wakil Rektor II UM Prof. Dr. Puji Handayati, S.E.Ak, M.M., CA, CMA, Direktur Sekolah Pascasarjana, Prof. Dr. Adi Atmoko, M.Pd., M.Si. dan Koordinator Program Studi PPG UM Dr. Muhammad Alfan, S.Pd., M.Pd.

Atas nama Rektor UM, Prof. Puji mengapresiasi usaha dan kerja keras peserta PPG dalam menyelesaikan program Pendidikan Profesi Guru di UM. Menurutnya, para lulusan PPG adalah pahlawan pendidikan yang telah melewati berbagai ujian dan tantangan, serta membuktikan kemampuan dan komitmen dalam mengembangkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Selaras dengan pernyataan tersebut, Dirjen GTK Prof. Nunuk menekankan pentingnya aktualisasi dan implementasi merdeka belajar. “Pemerintah telah menyiapkan solusi atas tantangan pendidikan yang semakin kompleks melalui Merdeka Belajar. Oleh karenanya, seyogyanya Bapak/Ibu segera mengimplementasikan nilai-nilai merdeka belajar saat mengajar sesuai penempatan masing-masing,” tutur Prof. Nunuk.

Sementara itu, dengan kapasitas sebagai Koordinator Program Studi PPG UM, Dr. Muhammad Alfan, S.Pd., M.Pd. melaporkan secara detail pelaksanaan yudisium kali ini. Peserta yudisium periode 2 ini berasal dari 34 prodi. Kurang lebih 100 mahasiswa dihadirkan ke UM sebagai perwakilan, dan sisanya mengiktui melalui media Zoom dan streaming Youtube.

Yudisium kelulusan ini tidak hanya menjadi catatan penting bagi UM, tetapi juga sebagai tonggak bersejarah dalam menciptakan pendidik yang profesional dan berkomitmen untuk memajukan pendidikan Indonesia ke arah yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *