Tempuh KMD dan KML, Mahasiswa PPG Prajabatan UM Gelombang 2 2022 Siap Mendarmabaktikan Dirinya Kepada Anak Bangsa

Genap 1 minggu mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 2 Tahun 2022 Universitas Negeri Malang (UM) menempuh kegiatan kepramukaan dengan metode daring dan luring. Metode daring digunakan untuk mempelajari materi kepramukaan yang sifatnya teori, dan metode luring untuk mempraktikkan teori pramuka melalui kegiatan perkemahan yang digelar pada tanggal 15-17 September 2023 di Bumi Perkemahan Taman Rekreasi Sengkaling, Malang. Menurut Dr. Zihan Novita Sari, ketua pelaksana, kegiatan ini terdiri atas Kursus Mahir Dasar (KMD) yang diikuti 695 mahasiswa dan Kursus Mahir Lanjut (KML) yang diikuti 55 mahasiswa. Dibandingkan dengan kegiatan pramuka gelombang 1 sebelumnya, kali ini berlangsung lebih meriah dan lebih baik, terutama dari segi fasilitas dan lokasi kegiatan. Kegiatan perkemahan dibuka oleh Kaprodi PPG UM, Dr. Muhammad Alfan, S.Pd, M.Pd didampingi oleh tim pengembang PPG UM dan tim Kwarcab Kota Malang. Kaprodi PPG UM berpesan kepada mahasiswa mengikuti KMD dan KML tidak hanya dengan akal fikiran tapi juga dengan hati sehingga dapat menemukan jiwa dan nilai keguruan yang benar-benar tertancap dalam relung hati terdalam sehingga mampu melahirkan motivasi tinggi untuk mendarmabaktikan jiwa raganya kepada pendidikan bagi anak bangsa. Harapannya, melalui kegiatan ini mahasiswa tidak hanya terampil mengajar dalam kelas saja, tapi juga lihai menjadi pembina pramuka di sekolah kelak.
Ketua Kwarcab kota Malang Heri Sunarko menyampaikan bahwa kegiatan ini dikemas dengan cara unik, fun, dan joyful learning. Mahasiswa belajar banyak hal, di antaranya menghias tapak kemah, scouting skill, game sesosif, merancang ragam pertemuan, musyawarah pemimpin regu, battle yell pasukan, ragam pertemuan pramuka penggalang, praktek membina, api unggun dan pentas seni, RTL, dan narakarya. Kegiatan ini diakhiri dengan pos test untuk mengetahui tingkat kelulusan peserta dan hak mendapatkan sertifikat.

Penutupan kegiatan dilakukan pada Minggu, 17 September 2023 oleh Direktur Sekolah Pascasarjana UM, Prof. Dr. Adi Atmoko, M.Si, M.Pd. Beliau berpesan agar melalui kegiatan kepramukaan ini mahasiswa kelak menjadi guru yang tangguh dan guru pemimpin dalam keteladanan dan kedisiplinan.
Pada upacara penutupan kegiatan ini Kaprodi PPG UM memberikan apresiasi bagi peserta KMD terbaik, peserta KML terbaik, kelompok KMD terbaik, kelompok KML terbaik, dan peserta terhebat. Apresiasi ini diberikan karena mahasiswa sudah belajar dan berlatih secara optimal dan penuh pengorbanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *