Mahasiswa PPG Prajabatan UM Gelar Pameran Karya Inovasi Bhinneka Tunggal Ika

Program Studi (Prodi) Pendidikan Profesi Guru (PPG), Sekolah Pascasarjana (SPs), Universitas Negeri Malang (UM) menggelar pameran karya inovasi mahasiswa PPG Prajabatan Angkatan 2022 Gelombang 2 pada Jumat, 25 Agustus 2023 di gedung Graha Cakrawala UM. Pameran ini bertajuk Gelar Inovasi Literasi Mahasiswa Bineka (GERILYA MAHABA). Menurut Kaprodi PPG SPs UM Dr. Muhammad Alfan, S.Pd., M.Pd, Gerilya Bineka dapat dimaknai sebagai perjuangan mahasiswa PPG untuk mencapai kemerdekaan berpikir yang bertujuan untuk menyebarkan cinta dan kasih kepada peserta didik di sekolah yang akan menjadi generasi muda penerus bangsa.
Hadir untuk membuka kegiatan pameran secara resmi Wakil Rektor IV UM Prof. Arif Nur Afandi, S.T., M.T., MIAEng, Ph.D. Beliau memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 2 Angkatan 2022. Beliau juga menyampaikan bahwa karya yang ditampilkan pada kegiatan pameran ini sangat beragam dan inovatif bahkan berpotensi untuk didaftarkan HKI dan Paten.
Turut hadir juga perwakilan dari Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Provinsi Jawa Timur Slamet Supriyadi, S.Kom., M.Ed. Menurutnya, produk inovasi yang dihasilkan oleh para mahasiswa PPG Prajabatan UM menunjukan bahwa para mahasiswa di masa mendatang akan dapat menjadi guru-guru profesional yang berjaya. Selain itu hadir Bapak Syamsul Arifin, S.H. sebagai perwakilan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, serta sejumlah dosen PPG Universitas Negeri Malang.
Terdapat 30 stand pameran yang berasal dari 15 bidang studi dari program PPG Prajabatan Gelombang 2 Angkatan 2022. Dr. Slamet Arifin, S.Pd., M.Pd., selaku ketua pelaksana kegiatan pameran ini menjelaskan bahwa produk-produk yang dipamerkan oleh mahasiswa sangat bervariasi, misalnya buku antologi cerpen, web pembelajaran, Cozy Project Kompos Organik Rumah Tangga, Petualangan Literasi, dan sebagainya.
Selain itu ditampilkan pertunjukan kesenian dari para mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 2, di antaranya adalah penampilan Musik Akustik, Tari Nusantara, Drama Musikal, Flashmob, Paduan Suara, Fomo Dance, Musikalisasi Puisi, Karaoke Senam, Nyanyian dan Isyarat, dan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *