Kegiatan Bela Negara Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 2 tahun 2022

Untuk menggembleng mental dan emosional para calon guru sebagai persiapan menghadapi tanggung jawab keguruan yang akan diemban di kemudian hari, sebanyak 753 mahasiswa Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Gelombang 2 tahun 2022 Universitas Malang mengikuti kegiatan bela negara yang berpusat di Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Malang pada 27-28 Agustus 2023.
Sejumlah kegiatan dalam kegiatan Bela Negara antara lain orientasi dan dilanjutkan dengan penyampaian materi tentang nasionalisme, kepemimpinan, pembinaan karakter, peraturan baris berbaris (PBB), wawasan kebangsaan, ideologi Pancasila, ronda malam, olahraga, dan penutupan.
Kegiatan dibuka secara resmi oleh Wakil Direktur Sekolah Pascasarjana UM Prof. Dr. Yusuf Hanafi, M.Fil.I. Semua materi diberikan oleh instruktur dari Lanal Malang.Penutupan dilakukan oleh Direktur Sekolah Pascasarjana UM, Prof. Dr. Adi Atmoko, M.Si. Beliau menyampaikan pentingnya peran guru dalam ikut serta merawat kesatuan dan keutuhan bangsa. “Jika para instruktur atau pendamping di Lanal Malang mempertahankan kesatuan Republik Indonesia di matra laut dengan kekuatan senjata dan fisik, saudara sekalian para calon guru justru mempertahankan negara dari sudut ideologi, cara pandang, kecintaan, kebersamaan, dan solidaritas yang nantinya harus tersampaikan pada seluruh peserta didik yang tersebar dari Sabang sampai Merauke,” tegasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *