Informasi Pembelajaran Mandiri PPG Kemdikbud UM angkatan 3 dan Kemenag UM angkatan 1.

Salah satu tahapan di kegiatan PPG Dalam Jabatan adalah Pendalaman Materi. Untuk menyiapkan kegiatan tersebut, mahasiswa PPG menjalani lebih dulu kegiatan Pembelajaran Mandiri yang dijadwalkan pada tanggal 28 Juni – 14 Juli 2021 (jadwalnya sama antara PPG Kemdikbud angkatan 3 dan PPG Kemenag angkatan 1).

Ada 2 macam materi: materi Bidang Studi (Profesional) dan materi Pedagogik. Dalam belajar mandiri ini, Bapak/ibu mempelajari materi Bidang Studi (ada 6 modul) dan mengerjakan LK (Lembar Kerja) untuk masing-masing modul materi Bidang Studi. Mahasiswa PPG belum perlu mengerjakan LK untuk materi Pedagogik karena pengerjaannya akan dilakukan setelah menggunakan LMS (Learning Management System).
Untuk PPG Kemdikbud, materi akan tersedia di SIMPKB (bisa masuk melalui https://ppg.simpkb.id/) pada card Materi Pembelajaran Mandiri. Selain itu materi juga bisa diakses melalui drive https://drive.google.com/drive/folders/147s465rLGjj8f48qOL_RsV-U7dvI-xvd.
File LK hanya tersedia sebanyak 1 file, bisa dicopy untuk setiap modul yang ada. Keenam LK ini diunggah pada awal pembelajaran Pendalaman Materi melalui LMS PPG. LMS digunakan setelah orientasi akademik, informasi terkait LMS menyusul.

Silahkan mempelajarinya secara mandiri/kelompok pada bidang yang sama melalui grup mapel yang sudah dibentuk. Pembelajaran mandiri bersifat tidak terbimbing (belum melibatkan dosen) dan belum menggunakan LMS.
Petunjuk cara mengerjakan LK Belajar Mandiri dapat dilihat di https://www.youtube.com/watch?v=9aU1JvFDkeo

Catatan:

  1. Di Google drive belum ada materi untuk Agribisnis Ternak, Perikanan, Keperawatan. Mohon menunggu informasi lebih lanjut dan berkala mengecek melalui SIMPKB
  2. Kemungkinan besar akses untuk download materi melalui SIMPKB baru dibuka tanggal 28 Juni. Kalau belum ada, ditunggu saja karena yang mengendalikan adalah GTK Kemdikbud, bukan oleh UM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *