Pendaftaran PPG Prajabatan (Biaya Mandiri periode 2)

Dibuka kembali kesempatan untuk mendaftar pada PPG prajabatan tahun 2020 (periode 2) untuk 13 bidang studi:

  1. Pendidikan Guru SD
  2. Bimbingan dan Konseling
  3. Pendidikan Kewarganegaraan
  4. Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
  5. Bahasa Inggris
  6. Matematika
  7. Ekonomi
  8. Sejarah
  9. Akuntansi dan Keuangan
  10. Teknologi Informasi dan Komunikasi
  11. Teknik Otomotif
  12. Perhotelan dan Jasa Pariwisata
  13. Agribisnis Tanaman Pangan dan Holtikultura

Informasi jadwal, laman pendaftaran, biaya dapat dilihat di http://bit.do/ppg-prajab-2020

108 Replies to “Pendaftaran PPG Prajabatan (Biaya Mandiri periode 2)”

  1. Minta informasi nya saya lulus seleksi ppg prajabatan di unipma periode 1 apakah bisa pindah di um?

    1. Min mau bertanya. Jika S1 Spikologi apa bisa mengikuti PPG mandiri pra jabatan Guru Bimbingan konseling?

  2. Kakak admin, saya belum wisuda ..wisuda nya juni ..berarti belum boleh daftar yang periode sekarang kah ?

    1. @Maya Tri Purwaningsih: wah jangan, karena nanti saat registrasi harus sudah ada transkrip dan ijazah, bukan hanya SKL

  3. Mohon maaf, ini saya ingin mendaftar ppg jurusan Ekonomi di UM., tapi kenapa tidak ada pilihan jurusan ekonomi ya? Hanya ada akuntansi dan keuangan… Mohon bantuannya… Terimakasih

    1. @Sundari: Untuk PPG Prajabatan sudah ditentukan apa yang diadakan di setiap LPTK. Kebetulan UM mendapat jatah mengadakan PPG beberapa prodi, salah satunya Akuntansi.

      1. Mohon maaf, saya ingin bertanya. Apakah ada pendaftaran PPG dalam jabatan dengan beasiswa? Mohon bantuannya. Terimakasih

    2. tolong pencerahanya ya Min kapan ada prodi pg paud Min untuk ppg prajabatan ingsya Allah th 2022 Anak saya sudah lulus dari. Kampus UM. Tolong do infokan ya min

  4. Bagaimana alur mendaftar KIP kuliah profesi guru untuk alumni S1 bidikmisi dan sudah diterima PPG prajabatan mandiri 2019?

        1. @Lia Setiawan: Sampai saat ini belum ada informasi lagi mengenai pendaftaran PPG Prajabatan. Yang menentukan jadwal, prodi/bidang studi yang dibuka, persyaratan mendaftar, dan LPTK yang mengadakan adalah Kemdikbud. Jadi UM atau perguruan tinggi lain bukan membuka sendiri pendaftaran dan mengadakan sendiri PPGnya, semua atas penunjukan Kemdikbud. Pendaftaran juga secara online ke Kemdikbud, bukan ke UM atau perguruan tinggi lain.

      1. @Saidah Said: Sampai saat ini belum ada informasi lagi mengenai pendaftaran PPG Prajabatan. Yang menentukan jadwal, prodi/bidang studi yang dibuka, persyaratan mendaftar, dan LPTK yang mengadakan adalah Kemdikbud. Jadi UM atau perguruan tinggi lain bukan membuka sendiri pendaftaran dan mengadakan sendiri PPGnya, semua atas penunjukan Kemdikbud. Pendaftaran juga secara online ke Kemdikbud, bukan ke UM atau perguruan tinggi lain.

        1. @Riska adriyana sucipto: silahkan lihat di posting yang lebih baru ya, ada pendaftaran PPG Prajabatan. Tidak ada PPG Mandiri untuk tahun 2022

  5. Saya dari prodi d4 jaringan telekomunikasi digital dari polinema. Apakah bisa ikut ppg ini ya?

    1. @Laras aripratiwi: coba cari info di web ppg.kemdikbud.go.id ya. Ada surat/posting mengenai ijazah bidang apa berwenang melamar PPG apa.

  6. min, bisa gak lulusan pgmi daftar ppg di um? soalnya td saya lihat pgsd linear sm pgmi dan beberapa prodi lain

        1. @Hariyono: sejauh ini tidak ada skema tersebut. Tapi bukan berarti dengan bayar sendiri pasti bisa PPG. Kan ada batasan kuota peserta per tahun yang bisa ditangani oleh LPTK penyelenggara PPG. Ada mahasiswa reguler yang juga harus ditangani. Ada jadwal sekolah tempat melaksanakan PPL yang harus diikuti agar sinkron, jangan sampai PPL saat libur atau ujian. Yang dibiayai pemerintah saja belum terserap semuanya setiap tahunnya, apalagi ada yang biaya mandiri.

    1. @Niken: Belum tahu karena belum ada informasi dari Kemdikbud. Yang menetapkan jadwal, prodi yang dibuka, dan syaratnya adalah Kemdikbud. Pendaftaran juga dilakukan online ke web PPG Kemdikbud, bukan ke UM.

  7. Min.. saya kan alumni UIN nih.. apakah bisa dftr PPG di UM. Terus kan jurusan saya Pend. IPS apakah bisa mengambil jurusan sejarah. Terima kasih min.

    1. @Widia: sepanjang ijazahnya linier dengan prodi yang dipilih tentu bisa, dan memenuhi syarat lain (misal akreditasi prodi). Sudah ada tabelnya sbg acuan. Coba telusuri web ini untuk melihat pendaftaran tahun lalu sebagai gambaran syaratnya

    1. @Dessy: Belum ada informasi lagi dari Kemdikbud. Yang menetapkan jadwal, prodi yang dibuka, dan syaratnya adalah Kemdikbud. Pendaftaran juga dilakukan online ke web PPG Kemdikbud, bukan ke UM.

      Jalur itu menyesuaikan statusnya, bukan prodinya. PPG dalam jabatan khusus untuk yang sudah menjadi guru, yang prajabatan untuk yang belum jadi guru

    1. @Dessy: Belum tahu karena belum ada informasi lagi dari Kemdikbud. Yang menetapkan jadwal, prodi yang dibuka, dan syaratnya adalah Kemdikbud. Pendaftaran juga dilakukan online ke web PPG Kemdikbud, bukan ke UM. Jadi kita tunggu saja bersama-sama.

    1. @Dessy: Belum tahu karena belum ada informasi lagi dari Kemdikbud. Yang menetapkan jadwal, prodi yang dibuka, dan syaratnya adalah Kemdikbud. Pendaftaran juga dilakukan online ke web PPG Kemdikbud, bukan ke UM. Jadi kita tunggu saja bersama-sama.

  8. Mohon maaf saya ingin bertanya. Saya lulusan S1 pendidikan administrasi perkantoran kalau mengikuti ppg ini apakah bisa mengambil yang prodi ekonomi? Atau harus linier dengan jurusan S1?

  9. Maaf min mau menanyakan untuk jalur mandiri pendaftaran PPG PGSD kpn ya dibuka? status teman saya masih CPNS krn SK PNs blm turun apakah bisa mengikuti jalur mandiri?mohon infromasinya, Terimaksih.

    1. @Itsna: Belum tahu karena belum ada informasi lagi dari Kemdikbud. Yang menetapkan jadwal, prodi yang dibuka, dan syaratnya adalah Kemdikbud. Pendaftaran juga dilakukan online ke web PPG Kemdikbud, bukan ke UM. Jadi kita tunggu saja bersama-sama.

  10. Mohon maaf mau tanya min, untuk PPG prajabatan jurusan IPA ada atau tidak ya di awal tahun 2021 nanti? Makasi

    1. @Tyas: Belum tahu karena belum ada informasi lagi dari Kemdikbud. Yang menetapkan jadwal, prodi yang dibuka, dan syaratnya adalah Kemdikbud. Pendaftaran juga dilakukan online ke web PPG Kemdikbud, bukan ke UM. Jadi kita tunggu saja bersama-sama.

      1. min mau tanya? untuk oendaftaran ppg prajab ekonomi kapan ya dibuka dan alur pendaftarannya gimna min ?

        1. @ahmad ganicha: Belum ada informasi lagi mengenai pendaftaran PPG Prajabatan. Yang menentukan jadwal, prodi yang dibuka, dan persyaratannya adalah Kemdikbud. Semua LPTK mengikuti aturan itu. Jadi UM atau perguruan tinggi lain bukan membuka sendiri pendaftaran dan prodi PPGnya. Semua atas penunjukan Kemdikbud. Pendaftaran juga secara online ke Kemdikbud, bukan ke UM atau perguruan tinggi lain.

  11. Min mau tanya, saya daftr ppg prajab jurusan pend sejarah bulan januari 2020, sampai sekarang blm ada informasi sama sekali. Bgaimna ini min kejelasannya? Formulir sudah saya byar 300ribu. Mohon kejelasannya

    1. @Mahadewi dinar: Kemdikbud memang menghentikan semua proses pendaftaran PPG Prajabatan periode 2. Belum ada informasi lagi dari sana kapan akan dibuka

    1. @Shofi: Belum ada informasi lagi mengenai pendaftaran PPG Prajabatan. Yang menentukan jadwal, prodi yang dibuka, dan persyaratannya adalah Kemdikbud. Semua LPTK mengikuti aturan itu. Jadi UM atau perguruan tinggi lain bukan membuka sendiri pendaftaran dan prodi PPGnya. Semua atas penunjukan Kemdikbud.
      Pendaftaran juga secara online ke Kemdikbud, bukan ke UM atau perguruan tinggi lain.

    1. @Tiara: Belum ada informasi lagi mengenai pendaftaran PPG Prajabatan. Yang menentukan jadwal, prodi yang dibuka, dan persyaratannya adalah Kemdikbud. Semua LPTK mengikuti aturan itu. Jadi UM atau perguruan tinggi lain bukan membuka sendiri pendaftaran dan prodi PPGnya. Semua atas penunjukan Kemdikbud.
      Pendaftaran juga secara online ke Kemdikbud, bukan ke UM atau perguruan tinggi lain.

    1. @Dessy: kalau PPG mandiri tahun 2020/2021, biaya 8,5 juta per semester. Untuk yang akan datang, belum ditetapkan

  12. Assalamualaikum min
    Untuk biasa PPG Prajabatan tahun 2021 ini berapa ya? Dan nanti untuk melihat informasi jdwal buka pendafatarannya apakah ada webnya min? Terimakasih

  13. @Apriliyanti: Belum ada informasi lagi mengenai pendaftaran PPG Prajabatan. Yang menentukan jadwal, prodi yang dibuka, dan persyaratannya adalah Kemdikbud. Semua LPTK mengikuti aturan itu. Jadi UM atau perguruan tinggi lain bukan membuka sendiri pendaftaran dan prodi PPGnya. Semua atas penunjukan Kemdikbud.
    Pendaftaran juga secara online ke Kemdikbud, bukan ke UM atau perguruan tinggi lain.

    Biasakan scroll ke pertanyaan sebelumnya. Kalau ada pembukaan pasti diumumkan. Kalau belum ada pengumuman artinya belum ada pembukaan pendaftaran

    1. @Bagus Supria: Belum ada informasi lagi mengenai pendaftaran PPG prajabatan. Yang menentukan jadwal, prodi yang dibuka, dan persyaratannya adalah Kemdikbud. Semua LPTK mengikuti aturan itu, jadi bukan perguruan tinggi sendiri yang mengadakan PPG. Pendaftaran juga secara online ke Kemdikbud, bukan ke UM atau perguruan tinggi lain.

  14. Min saya sudah mengajar, tpi th ini baru lulus S1 pgsd.
    Apakah bisa mendaftar PPG prajab yang mandiri untuk jadwal PPG selanjutnya

        1. @Shinta Fenanda Putri: Belum dibuka pendaftaran PPG Prajabatan sejak tahun 2020 sampai saat ini.
          Yang menentukan jadwal, prodi/bidang yang dibuka, persyaratan mendaftar, dan LPTK yang mengadakan adalah Kemdikbud. Semua LPTK mengikuti aturan itu. Jadi UM atau perguruan tinggi lain bukan membuka sendiri pendaftaran dan mengadakan sendiri PPGnya, semua atas penunjukan Kemdikbud.
          Pendaftaran juga secara online ke Kemdikbud, bukan ke UM atau perguruan tinggi lain.
          Anda bisa ikut pantau pengumumannya di web ppg.kemdikbud.go.id

    1. @Aulia Rahman: Sampai saat ini belum ada informasi lagi mengenai pendaftaran PPG Prajabatan. Yang menentukan jadwal, prodi/bidang yang dibuka, persyaratan mendaftar, dan LPTK yang mengadakan adalah Kemdikbud. Semua LPTK mengikuti aturan itu. Jadi UM atau perguruan tinggi lain bukan membuka sendiri pendaftaran dan mengadakan sendiri PPGnya. Semua atas penunjukan Kemdikbud.
      Pendaftaran juga secara online ke Kemdikbud, bukan ke UM atau perguruan tinggi lain.
      Anda bisa ikut pantau pengumumannya di web ppg.kemdikbud.go.id

  15. Assalamu’alaikum, untuk ppg prajabatan jurusan akuntansi dan keuangan akan dibuka kembali kapan ya? Apakah 2021 ini ada pendafataran?
    Terimakasih

    1. @Wiwit yuliani: Sampai saat ini belum ada informasi lagi mengenai pendaftaran PPG Prajabatan. Yang menentukan jadwal, prodi/bidang yang dibuka, persyaratan mendaftar, dan LPTK yang mengadakan adalah Kemdikbud. Semua LPTK mengikuti aturan itu. Jadi UM atau perguruan tinggi lain bukan membuka sendiri pendaftaran dan mengadakan sendiri PPGnya. Semua atas penunjukan Kemdikbud.
      Pendaftaran juga secara online ke Kemdikbud, bukan ke UM atau perguruan tinggi lain.
      Anda bisa ikut pantau pengumumannya di web ppg.kemdikbud.go.id

  16. Min, saya S1 Biologi. Di website biologi um itu sudah ada tulisan prodi ppg biologi. Bagaimana ya cara mendaftarnya? Lewat web pusat atau bagaimana

    1. @Kharisma: betul memang ada ijin mengadakan PPG bidang Biologi. Pelaksanaan tergantung adanya kuota peserta dari Kemdikbud. Yang anda maksudkan itu PPG Dalam Jabatan atau PPG pra jabatan? Yang Daljab (untuk yang sudah menjadi guru) diawali di Dinas Pendidikan. Yang Prajab (calon guru) langsung daftar di web PPG Kemdikbud (ppg.kemdikbud.go.id). Tapi saat ini belum ada pembukaan pendaftaran untuk PPG prajabatan.

      1. Meneruskan pertanyaan dan penjelasan dr admin, saya Dewi dr Blitar mau bertanya kalau utk PPG Daljab biaya mandiri Kemdikbud itu prosedurnya bagaimana ya Min? Untuk tahun 2021 mungkin

        1. @There Dewi: belum ada lagi pembukaan pendaftaran PPG Mandiri sejak 2020. Belum tahu kapan lagi dibuka

  17. Kakak admin, mohon informasi untuk PPG tahun ini, jurusan bimbingan dan konseling, karena cari di web belum muncul

    1. @Elok Izzun Nahdiyah: PPG apa? prajabatan atau dalam jabatan? kemdikbud atau Kemenag? tolong yang spesifik ya.

    1. @Wilia fitriana: Belum dibuka pendaftaran PPG Prajabatan sejak tahun 2020 sampai saat ini.
      Yang menentukan jadwal, prodi/bidang yang dibuka, persyaratan mendaftar, dan LPTK yang mengadakan adalah Kemdikbud. Semua LPTK mengikuti aturan itu. Jadi UM atau perguruan tinggi lain bukan membuka sendiri pendaftaran dan mengadakan sendiri PPGnya, semua atas penunjukan Kemdikbud.
      Pendaftaran juga secara online ke Kemdikbud, bukan ke UM atau perguruan tinggi lain.
      Anda bisa ikut pantau pengumumannya di web ppg.kemdikbud.go.id

    1. @Endah Setiawati: Belum dibuka kembali pendaftaran PPG Prajabatan sejak tahun 2020 sampai saat ini. Yang menentukan jadwal, prodi/bidang yang dibuka, persyaratan mendaftar, dan LPTK yang mengadakan adalah Kemdikbud. Jadi UM atau perguruan tinggi lain bukan membuka sendiri pendaftaran dan mengadakan sendiri PPGnya, semua atas penunjukan Kemdikbud. Pendaftaran juga secara online ke Kemdikbud, bukan ke UM atau perguruan tinggi lain. Anda bisa ikut pantau pengumumannya di web ppg.kemdikbud.go.id

  18. Admin yang terhormat saya mau bertanya masalah ppg tahun 2020 saya sudah daftar di bulan Januari tahun 2020..dan mentransfer uang pendftran sebesar 300000 ribu.. Tpi sampai saat ini belum juga ado jadwal tuk mengikuti seleksi.. Kita kapan jadwal akan di keluarkan Terima kasih

    1. @Masitoh: maaf dari Kemdikbud juga belum melanjutkan proses tersebut. UM bukan yang mengadakan atau menghentikan pendaftaran PPG Prajabatan.

  19. Saya mau tanya tentang pendaftaran ppg mandiri jurusan Tehnik informatika thn 2021 kapan dibuka ya ?
    dan bagaimana pendaftarannya ?

    1. @Wulan Mey C: Belum dibuka kembali pendaftaran PPG Prajabatan sejak tahun 2020 sampai saat ini. Yang menentukan jadwal, prodi/bidang yang dibuka, persyaratan mendaftar, dan LPTK yang mengadakan adalah Kemdikbud. Jadi UM atau perguruan tinggi lain bukan membuka sendiri pendaftaran dan mengadakan sendiri PPGnya, semua atas penunjukan Kemdikbud. Pendaftaran juga secara online ke Kemdikbud, bukan ke UM atau perguruan tinggi lain. Anda bisa ikut pantau pengumumannya di web ppg.kemdikbud.go.id

  20. Apakah ada ppg prajab dibiayai pemerintah min? Mhn info pendaftaran ppg prajab 2021 juga. Trimakasih

  21. Min, Napa pada saat pendaftaran pilihnya PPG PPG prajab di UM, tpi pada saat pengumuman akhir di terima di UNNES yah???

  22. Min, mau tanya kalau dari mahasiswa yang S1 nya menerima beasiswa bidikmisi kemudian ingin ikut program PPG pra jabatan apakah tidak ada keringanan biaya UKT per semester nya?

    1. @Anggi:
      Untuk PPG prajabatan, belum ada pembukaan pendaftaran lagi sejak tahun 2020. Belum tahu lagi kapan dibuka.

      Yang mengadakan PPG Dalam Jabatan dan Prajabatan adalah Kemdikbud.
      Untuk PPG Prajabatan, yang menetapkan bidang/prodi yang dibuka, persyaratan calon peserta, jadwal kegiatan, dan seleksi adalah Kemdikbud. Baru setelah lolos dan ditetapkan sebagai peserta, maka Kemdikbud menunjuk LPTK untuk mengadakan PPG dan Kemdikbud yang memberikan pesertanya. LPTK tidak pernah mengadakan sendiri PPG tanpa penunjukan Kemdikbud.

      Cek informasi PPG di website resmi PPG Kemdikbud: https://ppg.kemdikbud.go.id/

  23. Min, izin bertanya untuk alumn S1 Bidikmisi yang ingin mengikuti prajabatan PPG apa ada beasiswa nya ya?

  24. Bapak/Ibu admin, mohon info untuk PPG prajabatan Mandiri tahun 2022 pendidikan IPA… Terimakasih 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *