E-COMIC MENINGKATKAN LITERASI


Mahasiswa PPG Prajabatan gelombang 1 tahun 2024 melakukan penelitian skema inovasi mahasiswa PPG dengan pendanaan hibah PPG dengan judul “Pengembangan Modul E-Comic Berbasis Pendidikan Karakter dan (Higher Order Thinking Skills) HOST untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi”. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Aynin Mashfufah, M.Pd dan beranggotakan enam mahasiswa yang terdiri dari Ilma Firiyanti, Alisa Hamidah, Ari Widodo, Nevi Susanti, Lailatil Maghfiroh dan Rosida Ashirotin Ni’ma. egiatan ini merupakan salah satu program penelitian yang bertujuan untuk dapat meningkatkan kredibilitas keterampilan merancang artikel penelitian pada setiap mahasiswa. Sehingga dengan adanya kegiatan ini, diharapkan mahasiswa dapat menuangkan ide-ide kreativitasnya dalam bentuk tulisan. Dengan melalui tulisan tersebut mereka dapat mengungkapkan gagasan-gagasannya dengan lebih detail dan inovatif. Sehingga kegiatan ini dilaksanakan pada hari senin 12 Agustus 2024 bertempat di SDN Kotalama 4. Kegiatan ini dilakukan dari dimulai pukul 07.00 sampai dengan 10.00 WIB. Pada penelitian ini, kami bekerjasama dengan salah satu guru disekolah tersebut sebagai pengamat dalam pelaksanaan kegiatan dan juga satu mahasiswa yang bertugas sebagai guru model yaitu Ilma Firiyanti. Dalam pelaksanaan kegiatan ini, melibatkan siswa satu kelas yaitu kelas IV dengan jumlah siswa sebanyak 28 peserta didik yang terdiri dari jumlah laki-laki 17 dan perempuan 11.

Kegiatan ini memang sudah tidak asing lagi untuk didengar karena telah ada beberapa yang mencoba mengembangkannya pula namun tentunya dengan topik pembahasan yang berbeda-beda. Untuk itu kelompok kami tertarik mengembangkan kegiatan ini sebagai bentuk inovasi baru pula dalam membuat media pembelajaran yang menarik bagi siswa pada tingkat Sekolah Dasar (SD).

Tujuan diadakan penelitian pengabdian ini adalah untuk mengembangkan inovasi pembelajaran yang lebih menarik siswa. Dimana yang biasanya dalam buku pelajaran disajikan dalam bentuk narasi, kini kami mencoba mengembangkannya dalam bentuk komik yang tentunya dengan gambar-gambar yang menarik pula agar lebih membangkitkan semangat belajar siswa. Selain itu, kegiatan ini juga memanfaatkan media elektronik yaitu Komputer dan sound sebagai penunjang kegiatan jadi terlihat lebih menarik dan memberikan kesan tidak membosankan kegiatan pembelajaran. Materi yang dimuat dalam bahan ajarnya pun tidak jauh-jauh dari lingkungan sekitar siswa agar lebih mudah dipahami. Jadi, dengan adanya e-comic sebagai media ajar berbasis teknologi sebagai inovasi pendidikan dalam mengajarkan pendidikan karakter dan pembelajaran HOST mampu membawa pembaharuan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah.

Pada penelitan ini membahas materi mata pelajaran IPAS kelas 4 bab cerita tentang daerahku materi pokok daerahku dan kekayaan alamnya. Jadi siswa diarahkan untuk melihat kondisi yang ada disekitar tempat tinggalnya. Hal ini dilakukan agar siswa mudah membayangkan dan memahami bagaimana kondisi yang ada disekitarnya. Oleh karena itu, kegiatan pembelajaran ini menggunakan pendekatan culturally responsive teaching (CRT). Pendekatan ini dipilih karena dirasa sesuai dengan tujuan awal pembelajaran yaitu memperkenalkan kondisi daerahku dan kekayaan alamnya sehingga siswa dapat menyampaikan pemikirannya terkait hal yang ada disekitarnya. Jadi, kami sepakat untuk mengangkat kekayaan alam yang ada disekitar tempat tinggal siswa dansekolah yaitu Kecamatan Kedung Kandang Kota Malang. Guru akan memberi pengantar diawal kepada siswa tentang kekayaan daerah yang ada disekitar daerah Kedungkandang untuk bisa memperluas pemahaman budaya yang ada di daerah sekitar mereka.

Disini penggunaan e-komik sebagai media inovasi teknologi untuk penunjang pembelajaran. Jadi, selain menyampaikan materi pengetahuan yang sesuai dengan pembelajaran siswa, mereka juga tidak akan merasa bosan karena ditampilkan gambar-gambar tokoh animasi sebagai memperjelas keterangan. Selain itu, dalam pelaksannanya juga berbeda dengan biasanya yang hanya menggunakan buku dengan tampilan berupa narasi. Disini siswa diajak untuk menggunakan computer yang tentunya akan menjadi pengalaman baru bagi mereka juga dalam kegiatan pembelajaran. Sehingga kegiatan ini, dirasa mampu membawa suasana baru bagi siswa dan juga hasil belajar yang lebih baik.