Pendaftaran PPG Prajabatan tahun 2024

Halo, #SahabatGTK!

Kepada para Generasi Muda yang memiliki panggilan hati menjadi guru serta kecintaan pada anak dan dunia pendidikan, kami mengajak Anda untuk mendaftar menjadi guru melalui Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Tahun 2024.

Pendidikan Profesi Guru kali ini membuka pendaftaran untuk lebih banyak studi studi. Pendaftaran PPG Prajabatan tahun 2024 dibuka mulai tanggal 4 April hingga 15 Mei 2024. Bagi Anda lulusan S1/D4 yang memiliki panggilan hati untuk menjadi guru, jangan lewatkan kesempatan ini.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai PPG Prajabatan 2024, kunjungi media sosial @ppgkemendikbud dan laman https://ppg.kemdikbud.go.id/prajabatan.

#YukJadiGuru

#PPG

#PPGPrajabatan

 

Informasi Lapor Diri PPG Prajabatan Gelombang 1 tahun 2024 Universitas Negeri Malang

Bagi yang sudah mengisi kesediaan sebagai peserta PPG Prajabatan Gelombang 1 tahun 2024 di akun SIMPKB masing-masing, bisa sejak saat ini menyiapkan berkas/dokumen yang diperlukan untuk lapor diri (registrasi).

Dokumen yang diperlukan dan spesifikasi filenya bisa dilihat di file informasi lapor diri dengan link https://bit.um.ac.id/info-pj1-24-um atau https://s.id/info-pj1-24-um (gunakan link kedua bila link pertama meminta password)

Registrasi dilakukan secara online, direncanakan tanggal 11 – 16 Januari 2024 atau setelah keluarnya penetapan peserta dari GTK Kemendikbudristek.

Informasi lain akan disampaikan kemudian melalui media sosial PPG UM atau channel PPG Prajabatan Gelombang 1 tahun 2024 UM (link channel ada di dalam file informasi lapor diri di atas).

Yudisium Kelulusan PPG Dalam Jabatan Kemendikbudristek untuk lulusan UKMPPG periode 2 tahun 2023

Sebanyak 1649 mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Dalam (PPG) Jabatan serta 3 mahasiswa PPG Prajabatan Mandiri tahun 2021 dari berbagai disiplin ilmu menerima gelar guru profesional setelah melakukan yudisium dari Universitas Negeri Malang (UM). Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Sekolah Pascasarjana UM pada Rabu, 20 Desember 2023.

Acara ini dihadiri oleh para pejabat tinggi Kemendikbudristek yaitu Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Prof. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd., Sekretaris Dirjen GTK Temu Ismail, S.Pd., M.Si., dan Plt. Direktur Pendidikan Profesi Guru Adhika Ganendra, S.Si., M.M. Dari UM, hadir Wakil Rektor II UM Prof. Dr. Puji Handayati, S.E.Ak, M.M., CA, CMA, Direktur Sekolah Pascasarjana, Prof. Dr. Adi Atmoko, M.Pd., M.Si. dan Koordinator Program Studi PPG UM Dr. Muhammad Alfan, S.Pd., M.Pd.

Atas nama Rektor UM, Prof. Puji mengapresiasi usaha dan kerja keras peserta PPG dalam menyelesaikan program Pendidikan Profesi Guru di UM. Menurutnya, para lulusan PPG adalah pahlawan pendidikan yang telah melewati berbagai ujian dan tantangan, serta membuktikan kemampuan dan komitmen dalam mengembangkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Selaras dengan pernyataan tersebut, Dirjen GTK Prof. Nunuk menekankan pentingnya aktualisasi dan implementasi merdeka belajar. “Pemerintah telah menyiapkan solusi atas tantangan pendidikan yang semakin kompleks melalui Merdeka Belajar. Oleh karenanya, seyogyanya Bapak/Ibu segera mengimplementasikan nilai-nilai merdeka belajar saat mengajar sesuai penempatan masing-masing,” tutur Prof. Nunuk.

Sementara itu, dengan kapasitas sebagai Koordinator Program Studi PPG UM, Dr. Muhammad Alfan, S.Pd., M.Pd. melaporkan secara detail pelaksanaan yudisium kali ini. Peserta yudisium periode 2 ini berasal dari 34 prodi. Kurang lebih 100 mahasiswa dihadirkan ke UM sebagai perwakilan, dan sisanya mengiktui melalui media Zoom dan streaming Youtube.

Yudisium kelulusan ini tidak hanya menjadi catatan penting bagi UM, tetapi juga sebagai tonggak bersejarah dalam menciptakan pendidik yang profesional dan berkomitmen untuk memajukan pendidikan Indonesia ke arah yang lebih baik.

Yudisium Kelulusan PPG Dalam Jabatan Kemenag untuk lulusan UKMPPG periode 3 dan 5 tahun 2023

Sebanyak 220 mahasiswa PPG Dalam Jabatan dari Kementerian Agama yang lulus dari UKMPPG periode 3 dan 5 di Universitas Negeri Malang mengikuti upacara yudisium kelulusan pada 19 Desember 2023. Sejumlah mahasiswa hadir di Aula Sekolah Pascasarjana UM sebagai perwakilan, dan sisanya mengikuti secara daring.

Hadir dalam acara ini Wakil Rektor II Universitas Negeri Malang, Prof Dr Puji Handayati SEAk MM CA CMA, dan Sekretaris Panitia Nasional PPG Kemenag Dr Mustofa Fahmi M.Ed., Direktur Sekolah Pascasarjana Prof. Dr. Adi Atmoko, M.Si., M.Pd. dan Kaprodi PPG UM Dr. Muhammad Alfan S.Pd., M.Pd.

Prof Puji Handayati berpesan agar guru profesional siap menghadapi kompleksitas dunia pendidikan saat ini melalui penguasaan teknologi, adaptif dalam perkembangan zaman, serta pengabdian dan berdedikasi.

Dr. Mustofa Fahmi juga menyampaikan pentingnya implementasi ilmu yang telah didapat dari PPG UM, yang diyakini akan menjadi bekal yang sangat berharga dalam menjalankan tugas sebagai pendidik, khususnya di lingkup lembaga pendidikan yang berafiliasi dengan Kementerian Agama.

Sedangkan Dr. Muhammad Alfan selain menyampaikan laporan mengenai lulusan periode 3 dan 5, juga mengapresiasi para lulusan dan menekankan pentingnya peran guru dalam mendidik generasi muda untuk menjadi pribadi yang berakhlak dan bertanggung jawab.

Sambutan dari perwakilan mahasiswa, disampaikan oleh Uyik Fauziah, S.Pd. Beliau menyampaikan kesan dan pesan selama menjadi menempuh pendidikan di UM, dimana terdapat berbagai rintangan dan kesulitan dalam PPG, tetapi seluruhnya dapat dilalui dengan kerja keras dan doa, yang menjadi kebanggaan dalam menuntaskan hal itu semua.

Orientasi akademik mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 2 tahun 2023

Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Malang (UM) menyambut mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Prajabatan (PPG Prajabatan) Angkatan 2 pada Sabtu, 9 Desember 2023 di Graha Cakrawala. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Rektor UM Prof. Dr. Hariyono, M.Pd., Wakil Direktur Sekolah Pascasarjana Prof. Dr. Yusuf Hanafi, S.Ag., M.Fil.I., Ketua Program Studi PPG UM Dr. Muhammad Alfan, S.Pd., M.Pd, beserta segenap Tim Pengembang PPG UM.

Wakil Direktur Sekolah Pascasarjana UM, Prof. Dr. Yusuf Hanafi, S.Ag., M.Fil.I. mengapresiasi mahasiswa PPG Prajabatan Angkatan II UM. “Terima kasih telah memilih profesi guru, profesi yang sangat mulia dan tidak akan tergantikan meski dengan Artificial Intelligence (AI) sekalipun,” ungkapnya.

Ketua Program Studi PPG UM, Dr. Muhammad Alfan, S.Pd., M.Pd. menyampaikan bahwa Prodi PPG UM mendapat 703 mahasiswa PPG Prajabatan Angkatan II dari Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemdikbudristek. Beliau juga menyebutkan keunggulan PPG UM yaitu adanya mata kuliah Etika dan Profesionalisme Guru yang telah diakui secara nasional.

Rektor UM Prof. Dr. Hariyono menyambut hangat dengan penuh kebanggaan kehadiran para mahasiswa PPG Prajabatan UM Angkatan 2. Rektor mengucapkan “Selamat datang di Universitas Negeri Malang, tempat yang tepat untuk memperluas cakrawala pengetahuan serta menjadi wadah pembentukan guru-guru unggul yang siap menghadapi dinamika dunia pendidikan masa depan”. Pada akhir sambutannya, Rektor menekankan pentingnya aktualisasi nyata peran pendidik yang telah diemban untuk berkontribusi dalam memajukan pendidikan Indonesia. Menurutnya, ketika mahasiswa telah mendapat sertifikat pendidik, diharapkan lulusan PPG UM dapat mengaktualisasikan informasi yang telah didapat menjadi menjadi pengetahuan serta dari pengetahuan menjadi suatu tindakan nyata.

Orientasi ini menjadi momentum bagi mahasiswa PPG Prajabatan untuk mengenal lingkungan kampus, sistem akademik, dan membangun jaringan sosial. Dengan semangat kebersamaan dan tekad untuk mencapai kesuksesan, mahasiswa baru PPG Prajabatan UM diharapkan dapat menorehkan prestasi gemilang dalam dunia pendidikan dan membawa nama baik almamater ketika telah bertugas di daerah masing-masing.

Informasi awal lapor diri PPG Prajabatan Gelombang 2 tahun 2023 di Universitas Negeri Malang

Bagi calon mahasiswa yang sudah menyatakan kesediaan bergabung di PPG Prajabatan Gelombang 2 tahun 2023 Universitas Negeri Malang, siapkanlah sejak saat ini berkas/dokumen yang diperlukan untuk lapor diri (registrasi).
Dokumen yang diperlukan dan spesifikasi filenya bisa dilihat di https://bit.um.ac.id/info-pj2-um-23 atau https://s.id/info-pj2-um-23 atau https://bit.ly/info-pj2-um-23. Bergabunglah juga di kanal Telegram PPG Prajabatan angkatan 2 UM, link ada di bagian akhir file informasi lapor diri.’

Registrasi dilakukan secara online, rencananya tanggal 27 Nopember – 1 Desember atau setelah keluarnya penetapan peserta dari GTK Kemendikbudristek.

Selamat bergabung!

Informasi lapor diri PPG Angkatan 3 di Universitas Negeri Malang

Bagi bapak ibu yang ditetapkan menjadi peserta PPG Angkatan 3 di Universitas Negeri Malang, silahkan:
– bergabung di kanal informasi Telegram PPG Angkatan 3 UM di https://t.me/DaljabDikbud_K1T3_2023_UM
– mengunduh file informasi berkas lapor diri di https://bit.um.ac.id/info-awal-k1t3-um atau https://s.id/info-awal-k1t3-um dan melengkapi berkas sesuai dengan yang dimaksudkan.
Informasi teknis mengenai lapor diri akan disampaikan melalui kanal dan grup Telegram PPG Angkatan 3 UM

Sosialisasi PPG Prajabatan Gelombang 3

Salam Sejahtera Para Calon Pendidik Hebat Indonesia ‍‍

 

Program Studi Pendidikan Profesi Guru, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Malang (UM) menyelenggarakan *Sosialisasi Beasiswa PPG Prajabatan Gelombang III Tahun 2023* bagi Alumni UM.

 

⏰Tanggal Pelaksanaan : Rabu, 8 November 2023 Pkl 12.30 WIB s.d. selesai.

️Registrasi: https://bit.um.ac.id/registrasi

Link zoom : https://bit.um.ac.id/alumni-um Passcode: PPGUM

Live Kanal Youtube: Universitas Negeri Malang Official

 

Ayo, sebarkan informasi ini. Terima kasih

 

 

Informasi awal PPG Dalam Jabatan Angkatan 3 tahun 2023 di Universitas Negeri Malang

Bagi calon mahasiswa PPG Dalam Jabatan angkatan 3 (kategori 1 gelombang 3) tahun 2023 di Universitas Negeri Malang, sudah dapat mengunduh file informasi penyiapan berkas lapor diri PPG Dalam Jabatan angkatan 3 di Universitas Negeri Malang melalui link https://bit.um.ac.id/info-awal-k1t3-um. Siapkan semua berkas sejak saat ini, tidak perlu menunggu penetapan peserta (bagi yang statusnya sudah kuota utama). Bergabunglah juga ke channel (kanal) Telegram PPG Daljab Kemendikbud Angkatan 3 UM. Link untuk bergabung tercantum di dalam file tersebut.

Infografis Pendaftaran PPG Prajabatan Gelombang 3 tahun 2023

Kepada para Generasi Muda yang memiliki panggilan hati menjadi guru serta kecintaan pada anak dan dunia pendidikan, kami mengajak Anda untuk mendaftar menjadi guru melalui Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Tahun 2023 Gelombang 3.

Kali ini, kami membuka pendaftaran untuk 10 bidang studi. Pendaftaran sudah dibuka, mulai tanggal 25 Oktober sampai dengan 12 November 2023. Bagi Anda lulusan S1/D4 yang memiliki panggilan hati untuk menjadi guru, jangan lewatkan kesempatan ini.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai PPG Prajabatan 2023, kunjungi media sosial @ppgkemendikbud dan laman https://ppg.kemdikbud.go.id/prajabatan

#YukjadiGuru
#ppg #ppgprajabatan #direktoratppg #ppgprajabgel3 #ppgprajab2023
#ppgum #ppg.um