INFORMASI AWAL LAPOR DIRI PPG DALAM JABATAN TAHAP II

Berikut kami sampaikan beberapa informasi pendahuluan mengenai kegiatan lapor diri dan orientasi bagi peserta workshop PPG Dalam Jabatan Tahap II (Informasi secara formal ada dalam bentuk surat dan akan diterbitkan menjelang pelaksanaan lapor diri):

1. Lapor diri diadakan pada tanggal 24-25 September 2018, di bagian Akademik UM, Graha Rektorat lantai 2. Pembagian jadwal per prodi akan disampaikan kemudian.

2. Persyaratan lapor diri mengacu ke pelaksanaan lapor diri tahap I:
– Lembar biodata hasil registrasi online di website UM. Pada saat melakukan registrasi, peserta harus benar-benar mengisi dengan teliti dan menyesuikan dengan bukti yang ada, karena data akan digunakan untuk seterusnya sampai lulus dan untuk pelaporan pada PDDIKTI. (jadwal update akan diberitahukan kemudian)
– Fotocopy Ijasah S1 (dan S2 atau S3 bila memiliki), yang telah dilegalisasi oleh perguruan tinggi asal atau Kopertis (bukan oleh Kepala Sekolah, Dinas Pendidikan, atau lembaga lain yang tidak berwenang) (2 rangkap).
– Format A1 yang telah ditandatangani Kepala Sekolah dan distempel basah. Format A1 didapat dari web http://sergur.id
– Pakta Integritas yang telah ditandatangani peserta, yang didapat dari web http://sergur.id
– Fotokopi KTP (1 lembar)
– Fotokopi Kartu Keluarga (satu lembar)
– Fotokopi Akta Kelahiran/Akte Kenal Lahir (satu lembar)
– Surat Tugas mengikuti lokakarya PPG dalam jabatan di UM Tahap II, dari Kepala Sekolah
– Menyiapkan materai bernilai Rp.6.000 (2 lembar)
– Wajib memiliki rekening BRI yang masih aktif. Rekening ini digunakan untuk penyaluran biaya pendidikan dari Ditjen GTK Kemendikbud. Buku rekening dan copynya harus dibawa saat mengikuti orientasi (bagi yang belum punya bisa mengurusnya sejak saat ini)

3. Kegiatan orientasi awal:
– Diadakan pada tanggal 27-28 September 2018 (lokasi akan diberitahukan kemudian).
– Pada saat orientasi, peserta memakai hem/baju warna putih, celana panjang/rok panjang warna hitam (jilbab menyesuaikan), berjas Almamater UM (didapatkan saat lapor diri)

4. Lokakarya
– Lokakarya diadakan mulai tanggal 1 Oktober 2018 selama 5 pekan, diadakan pada hari Senin-Sabtu, pukul 07.00-17.00 WIB
– Lokasi pelaksanaan lokakarya adalah di masing-masing prodi kampus UM (lokasi akan disampaikan pada saat orientasi)
– Peserta memakai pakaian bebas, rapi, dan sopan.

5. Uji Pengetahuan (UP)
– Uji Pengetahuan berbentuk Computer Based Test untuk menguji pengetahuan pedagogi dan bidang studi. UP direncanakan diadakan di kampus UM pada tanggal 3 Nopember 2018 (sejauh tidak ada perubahan jadwal dari Kemendikbud/Kemenristekdikti). Lokasi dan waktu ujian akan diberitahukan kemudian.

6. PPL dan Uji Kinerja
– PPL diadakan di sekolah asal peserta bagi peserta yang dari Jawa, atau diadakan di sekolah mitra UM bagi peserta dari luar Jawa, atau yang menginginkan ditempatkan di sekolah mitra UM.
– Uji Kinerja untuk pelaksanaan PPL akan diadakan di sekolah mitra UM yang ditetapkan. Jadi ketika peserta melaksanakan PPL di daerah asal, maka peserta tetap harus kembali ke sekolah yang ditunjuk UM untuk melaksanakan Uji Kinerja. Direncanakan waktu ujian adalah pada 23-30 Nopember 2018. Lokasi dan waktu ujian akan ditetapkan kemudian.

7. Lain-lain
– Peserta diharapkan membawa laptop, bahan ajar, dan bahan penunjang lain untuk keperluan pembelajaran, serta obat-obatan dan hal pribadi lain yang diperlukan
– Akomodasi dan konsumsi peserta ditanggung oleh peserta sendiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *